Rabu, 10 Juli 2013

NIKMATNYA SAAT BERBUKA PUASA


Hari ini adalah hari pertama menjalankan ibadah puasa ramadhan 1434 H, Tahun 2013 M, yang kesekian kalinya bagi kita umat muslim menjalankan ibadah puasa.  Bulan yang penuh berkah ini, tidak boleh kita sia-siakan dan lewat begitu saja. Jadikan bulan ini sebagai bulan istimewa bagi kita karena belum tentu kita bisa ketemu dengan ramadhan tahun depan.

Memang, hari pertama puasa biasanya agak terasa sekali.  Karena biasanya siang hari perut selalu di isi dan badan selalu segar dengan air minum.  Tapi tahu-tahu jadwal makan-minum pun berubah.  Karena perubahan yang drastis itu kadang-kadang perut belum terbiasa, makanya sebagian ada yang sakit perut dan lain sebagainya.  Itu hal yang biasa, karena perut masih harus beradaptasi dengan perubahan jadwal.  Selain itu kebiasaan yang biasanya tidak pernah bangun malam, sekarang harus bangun malam untuk makan sahur.  Kebiasaan yang berbeda ini memang akan membuat kita kesulitan melaksanakannya.  Tapi, yakinlah dengan keikhlasan dan keimanan kepada Allah SWT, lambat laun kebiasaan ini akan kita nikmati dengan nyaman.

Kenikmatan yang paling luar biasa adalah saat kita menunggu untuk berbuka puasa.  Segala hidangan dan makan tersedia.  Segala macam minuman ada di meja makan.  Begitu bedug tanda berbuka berbunyi, langsung kita menikmati segarnya minuman dingin, nikmatnya makanan yang masuk ke tenggorokan.  Serasa kita berada di padang yang tandus dan mendapat seteguk air.  Begitu nikmat rezeki yang Allah berikan kepada kita.  Ini adalah nikmat yang yang kita rasakan di dunia.  Di akherat nanti, Allah akan menunjukkan kenikmatan bagi orang yang berpuasa yaitu bertemu dengan sang pencipta Allah SWT, benar-benar nikmat yang sangat luar biasa dan tiada tandingnya.

Sungguh berbahagia lah bagi kita yang berpuasa yang penuh dengan keimanan dan hanya mengharap ridho dan rahmat-Nya di bulan suci ramadhan ini. Salah satu waktu yang di tunggu-tunggu oleh Shoim (orang yang berpuasa) adalah waktu berbuka, dan mereka patut bahagia seperti yang disebutkan dalam hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullahshallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang berbuka puasa mempunyai dua kebahagiaan yang bisa ia rasakan; kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketika ia bertemu dengan Rabb-nya karena puasa yang dilakukannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).Toko Buku Nurul Ilmu Online

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-’Utsaimin menjelaskan di dalam kitab Majaalisu Syahri Ramadhaan, ‘Kebahagiaan ketika berbuka maksudnya adalah karena ia merasa senang atas nikmat yang diberikan oleh Allah kepadanya, yaitu bisa melaksanakan puasa yang merupakan salah satu bentuk amal shalih yang paling utama. Betapa banyak manusia yang tidak memperoleh nikmat tersebut sehingga mereka tidak berpuasa. Ia juga merasa senang atas makanan, minuman dan jima’ yang kembali dihalalkan Allah baginya, setelah sebelumnya diharamkan pada saat berpuasa.

Semoga, kita dapat menjalani puasa ramadhan ini dengan ikhlas dan khusyuk dan dijauhkan diri kita dari hal-hal yang membatalkan atau mengurangi pahala puasa. Amin...!!!



Tidak ada komentar: