Minggu, 23 Juni 2013

TEKA-TEKI KEPEMIMPINAN




Kepemimpinan merupakan sebuah pokok bahasan yang hangat pada saat ini, program-program kepemimpinan bermunculan dimana-mana, banyak buku referensi, artikel, seminar dan loka karya pemberitaan media, sistem pendidikan, yayasan-yayasan yang kesemuanya menciptakan atau menamai kembali program-program untuk menekan kepemimpinan seperti mode diet terkini, mode terkini untuk kepemimpinan mengkaji resiko-resiko yang hanya menghasilkan tekhnik-tekhnik atau alat-alat yang terisolasi, program-program pelatihan yang menguntungkan, label-label yang direvisi untuk isi yang lama, atau lebih buruk lagi, penghasut karismatik yang menggembar gemborkan penyelesaian sosial atau organisasi yang cepat.

Perhatian publik terhadap kehidupan para pemimpin tertentu membuat teka-teki kepemimpinan menjadi sulit. Para reporter menyelidiki apa yang mereka sebut sebagai titik lemah dalam perlindungan peribadi para kandidat politik, para kolumnis bertanya siapa yang mempunyai kualifikasi  sebagai apa yang mereka yakini sebagai pemimpin handal. Dengan ketetapan operasi bedah, para komentator membedah setiap orang dari pesaing presidensil sampai para dewan. Sekolah lokal sebagai upaya untuk mengungkapkan motif-motif didalam batin. Kita menyelidiki para pemimpin; kita mengabaikan kepemimpinan. Kita mencampur adukan mereka yang berbeda yang berada dalam posisi kepemimpinan dengan proses dan isi kepemimpinan. Minat kita yang hingar bingar dalam kepemimpinan seringkali tampak tidak terfokus dan dipahami dengan tergesa-gesa.

Burns, pernah berkata: karya empiris yang sangat banyak dan beragam dalam kepemimpinan akan terus tercipta disini dan diseluruh seantero negeri ini, namun itu mungkin membengkak & bukanya berkembang dengan hadirnya karya teoritis sentral yang berkesinambungan dengan proporsi yang luas & mutu yang sangat bagus .. yang kita butuhkan hanya orang yang paham dengan kepemimpinan yang lebih banyak dan lebih baik dalam berbagai disiplin ilmu juga suatu tempat bagi mereka untuk mengkaji, berinteraksi, untuk berpikir, menulis dan berkarya.

Yang kita butuhkan pada sa’at ini adalah sebuah wadah umum untuk membahas tantangan-tantangan yang mengerikan terhadap moral dan kepemimpinan politis pada dekade yang akan datang, sungguh kebangkitan sekolah pendidikan kepemimpinan yang cepat tampak terjadi dalam hubungan yang terbalik dengan suatu pemahaman yang komprehensif tentang kepemimpinan itu sendiri dan bidang study kepemimpinan sering tampak dalam keadaan berantakan.

Konflik dan gejolak debat dalam kajian dan diskusi kepemimpinan mengisyaratkan bahwa waktu memberi peluang kepada kita untuk membuka lahan baru dan menetapkan arah-arah yang menjanjikan untuk mencari konvergensi antar kajian-kajian tersebut, tanpa menghancurkan keragamanya, kesatuan seharusnya memberikan akses kepada keragaman; kesatuan seharusnya tidak pernah berusaha untuk membuat relevan menjadi tidak relevan.     

BAGAIMANA DENGAN SOSOK CALON PEMIMPIN KITA SAAT INI ,,,,,,,,,,,,,,,,?


Poskan Komentar